Sabtu, 24 Januari 2009

Install XP ke hard disk tipe SATA


Sekitar sebulan yang lalu, saya disibukkan dengan ajurnya nutbuk saya Compaq model Presario v3000 yang baru aja beli sekitar 1bulan sebelum 1bulan yang lalu itu.maksudnya 2bulan yang lalu…red….

Waktu aku beli, sudah ada system operasi windows xp sp2.bajakan,red…hihihi. Setelah sebulan setelah beli atau sama dengan sebulan yang lalu, red…hihihi nutbukku mengalami masalah. Ya biasa laaah… kayak gitu-gitu. Akhirnya aku coba install ulang pakek cd installer xp sp2 biasa. Bajakan,red… tapi betapa kagetnya akuuu ternyata hard diskku gak bisa dikenali oleh installer xp tersebut.

Setelah cari-cari informasi di internet, ternyata hardisk sata emang gak bisa dikenali oleh installer xp. Satu-satunya cara adalah dengan memasukan drivernya dulu pada saat awal instalasi windows xp. Caranya adalah dengan mengunakan flopy disk external. Masalahnya….aku gak punya yang kayak gitu-gitu. Akhirnya aku cari jalan pintas selain opsi menjengkelkan tersebut (karna emang disket dah gak ada,hihihi)… cara yang aku pakek adalah dengan membuat cd installer windows xp baru yang dimodifikasi dengan mengintegrasikan driver hdd sata kedalamnya. Cara ini saya lakukan dengan bantuan program nLite yang tersedia gratis…

ini nih langkah-langkahnya untuk membuat cd installer xp with sata driver…

1. Yang jelas kamu butuh 1komputer.min windows xp, disarankan win vista.

2. Yang kedua harus menyiapkan installer windows xp.

3. Install aplikasi nLite, bisa didownload dimana-mana. Searching aja pakek google. Sebelum itu computer harus sudah terinstall aplikasi .Net Framework dulu. Kalo win vista udah terintegrasi. Kalo yang pakek xp bisa download di situs resminya Microsoft. Cari aja pakek google.

4. Siapkan driver sata drive… iniiii yang berhari-hari saya mencarinya dulu, karena yang dibutuhkan buka file exe tapi inf. Tapi akhirnya ketemu juga… tapi kalian bisa langsung aja unduh dari http://www.ziddu.com/download/6625388/iaahci.rar.html dan http://www.ziddu.com/download/6625389/iastor.rar.html .html trus extract.

5. Setelah itu jalankan aplikasi nLite.

6. Masukan direktori tempat instalasi windows xp berada.

7. Abaikan proses ini, klik lanjut.

8. Pilih dan klik driver dan bootable iso. Kilk lanjut

9. Klik sisipkan. Lalu klik folder multiple driver. Lalu pilih dimana driver itu berada.

10. Pilih semua driver lalu lanjut. Dan terus sampai menghasilkan file iso yang nanti langsung ke nero burning.

11. Setelah dibakar kedalam cd. Bisa langsung dipakek buat install seperti biasanya…

0 komentar: