Kamis, 30 Juli 2009

Menulis Script dengan Notepad++


Dunia pemrgraman komputer berkembang sangat pesat, hal itu ditandai dengan berbagai macam bahasa pemrograman yang ada saat ini, mulai dari bahasa mesin seperti Assembly, bahasa beraras menengah seperti c/c++ atau yang saat ini mendunia karena menawarkan berbagai kemudahannya yaitu Microsoft Visual Basic. Bahasa Pemrograman apapun tentu membutuhkan compiler untuk menjalankannya. Namun, untuk sekedar menulis scriptnya biasanya script bahasa pemrograman dapat ditulis hanya menggunakan program notepad bawaan windows saja meskipun tidak ada alat bantu seperti automatisasi format text dan pembedaan warna masing-masing bagian script.

Namun, kini hadir Notepad++, sebuah aplikasi sederhana tapi sangat bermanfaat bagi programmer baik pemula maupun advanced yang menginginkan kemudahan dalam melakukan penulisan script/code/listing atau sejenisnya. Notepad++ sejatinya adalah sama halnya dengan Notepad biasa bawaan windows. Hanya saja notepad++ menghadirkan kemudahan dalam penulisan script dalam bahasa pemrograman apapun seperti c/c++, basic, VB, ada, java maupun html. Selain keunggulan tersebut, kelebihan lain adalah adanya fasilitas multitab yang memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan yang melibatkan lebih dari satu jendela penulisan script.

Anda tidak perlu khawatir dengan masalah lisensinya, program ini tidak berbayar, tidak trial, juga tidak sheware. Notepad++ adalah salah satu dari sekian banyak program yang berlisensi GNU alias software open source. Oleh karena itu, siapapun termasuk anda boleh menggunakannya secara bebas dan mendistribusikannya ke semua orang.

Anda dapat mendapatkan software canggih ini di sini

0 komentar: