Kamis, 24 September 2009

Ulead Video Studio 9 (Part 1)


Ulead Video Studio merupakan software yang biasa digunakan untuk melakukan editing berbagai jenis video hasil rekaman handycam, kamera hp, atau video hasil download di internet. Caranyapun cukup mudah dan disusun dengan beberapa langkah-langkah sebagai panduan utama dalam meng-edit video, yang antara lain: step edit, effect, overlay, title, audio, dan share.
Pertama kali dijalankan akan muncul jendela sebagai berikut:

Ada tiga pilihan yang disajikan diawal kita membuka program ini. Yang pertama dan kedua merupakan cara yang instan dalam beberapa template yang disediakan, cara ini cukup mudah bagi pemula dan tidak saya bahas disini. Sedangkan dengan cara yang ke tiga kita dapat melakukan editing pada video kita secara manual sesuka kita. Disinilah proses editing video yang sesungguhnya. Setelah memilih yang nomor tiga, maka akan muncul jendela seperti berikut:

Langkah-langkah atau step-step yang dimaksud tadi bisa dilihat dalam screenshot diatas. Selanjutnya akan kita bahas langkah demi langkah dalam proses editing video hingga menghasilkan video yang kita inginkan. Namun sebelum itu, tentunya kita harus menentukan terlebih dahulu video mana yang akan di edit. Caranya tentu sangat mudah, klik kanan tilisan “Drag and drop video clips here” dipojok kanan bawah, akan muncul beberapa opsi pilihan. Pilih yang sesuai. Bisa juga kita menambahkan file audio yang nantinya bisa dproses pada step audio atau langkah ke lima. Setelah selesai memasukkan semua file multimedia yang akan diedit, sekarang waktunya untuk memulai proses editing.

1.Edit
Ini merupakan langkah yang pertama dalam proses editing video. Dalam contoh ini saya menggunakan video Lomba KRI-KRCI region 4 yang diselenggarakan di ITS kemarin. Untuk memudahkan proses editing biasaya tampilannya digunakan mode timeline view, bisa dilihiat digambar dibawah ini. Proses editing biasanya berupa penggabungan, pemisahan, pemotongan, mengambil beberapa cuplikan, memberi efek-2 pada video dan lain-lain. Untuk penggabungan 2 video yang dimasukkan kelembar kerja akan secara otomatis tergabung ketika video disimpan. Untuk pemisahan, pemotongan dan pengambilan cuplikan maka digunakan fasilitas menu bergambar gunting yang terdapat di bawah tampilan play video. Caranya video diplay terlebih dahulu hingga saat yang di inginkan lalu klik gambar gunting, video akan terpisah menjadi dua bagian yaitu sebelum dan sesudah proses pemisahan. Untuk pengambilan cuplikan, bagian yang tidak diperlukan bisa di delete seperti biasa.
Untuk Langkah-2 selanjutnya, nantikan
Tutorial Edit Video dengan Ulead Video Studio 9 (Part 2)


0 komentar: